Apa Pengertian ‘Manusia Merdeka’ Menurut Ki Hadjar Dewantara? Ini Jawabannya

Posted on

Latihan Pemahaman Modul 3 Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai (FPPN) Topik 1 merupakan bagian dari post test dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025. Post test ini memuat sejumlah soal terkait pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, gagasan Ki Hajar Dewantara menjadi landasan pelaksanaan pendidikan nasional. Salah satu soal yang sering muncul berkaitan dengan konsep ‘manusia merdeka’ dalam pandangannya.

Lantas, apa pengertian ‘manusia merdeka’ menurut Ki Hajar Dewantara?

Simak jawaban dan penjelasannya di bawah ini!

Materi ini infoSulsel jabarkan dalam contoh soal pilihan ganda di bawah ini:

1. Apa pengertian ‘manusia merdeka’ menurut Ki Hadjar Dewantara?

a. Manusia yang mandiri dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

b. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan dan kehendak sendiri baik lahir maupun batin; tidak tergantung pada orang lain.

c. Manusia yang mampu membuat keputusan untuk diri sendiri dan orang lain yang ada dalam lingkungan pengaruhnya.

d. Manusia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain, baik manfaat lahir maupun batin.

e. Manusia yang berpendirian teguh dan memiliki prinsip, serta tidak mudah dipengaruhi orang lain.

Jawaban: B

Penjelasan:

Dilansir dari Portal Layanan Program Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) yang dikelola Kemdikbud RI, konsep manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara yakni mereka yang tidak terperintah. Mereka juga dapat menegakkan dirinya, tertib mengatur perikehidupannya, sekaligus tertib mengatur perhubungan mereka dengan kemerdekaan orang lain.

Konsep ini diterapkan dalam dunia pendidikan sebagai upaya meningkatkan kesadaran untuk menumbuhkan manusia-manusia yang merdeka. Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling cocok adalah opsi B.

Selain materi di atas, terdapat sejumlah contoh soal lainnya terkait topik 1 tentang pandangan Ki Hajar Dewantara. Berikut ini beberapa contoh soal lengkap dengan jawabannya:

1. Siapakah tokoh-tokoh pendidikan internasional yang mempengaruhi pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan?

a. Friederich Froebel dan Maria Montessori

b. Douwess Dekker dan Maria Montessori

c. Rabindranath Tagore dan Douwes Dekker

d. KH Ahmad Dahlan dan Friederich Froebel

e. KH Ahmad Dahlan dan Nyai Ahmad Dahlan

Jawaban: A. Friederich Froebel dan Maria Montessori

2. Pendidikan Budi Pekerti harus selaras dengan nilai-nilai pancasila. Bagaimana Ki Hadjar Dewantara menjelaskan tentang budi pekerti?

a. Karakter seseorang yang dipengaruhi oleh faktor keturunan, faktor lingkungan dan faktor keadaan

b. Kemampuan seseorang dalam menangkap fenomena alam dengan panca indranya

c. Budi pekerti berkaitan dengan kemampuan kognitif atau berpikir dalam mengambil keputusan

d. Perpaduan antara cipta (kognitif) dan rasa (afektif) sehingga menghasilkan karsa (psikomotorik)

Jawaban: D. Perpaduan antara cipta (kognitif) dan rasa (afektif) sehingga menghasilkan karsa (psikomotorik)

3. Apa peran pendidik menurut Ki Hadjar Dewantara?

a. Melakukan transfer ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kepada peserta didik.

b. Memberikan arahan kepada peserta didik agar tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin.

c. Menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak.

d. Mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak agar sukses di masa depan.

e. Membantu anak menemukan potensi dirinya sendiri.

Jawaban: C. Menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian manusia merdeka menurut Ki hajar Dewantara. Semoga berguna!

Pengertian ‘Manusia Merdeka’ Menurut Ki Hadjar Dewantara

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Modul 3 FFPN Topik 1 PPG 2025