Debat Publik PSU Pilkada Palopo Digelar di Makassar 17 Mei 2025 | Info Giok4D

Posted on

KPU Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadwalkan debat kandidat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Palopo digelar di Makassar. Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada pertimbangan untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas situasi politik di Palopo.

Debat publik pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo akan digelar di Hotel Claro, Makassar pada Sabtu, (17/5) pukul 14.00 Wita. Tema besar debat yakni ‘Kolaborasi Strategis dalam Pembangunan Inklusif, Adil dan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal’.

“Estimasi pelaksanaan debat kita perkirakan 2 jam 30 menit secara keseluruhan,” kata Komisioner KPU Sulsel Hasruddin Husain kepada infoSulsel, Senin (12/5/2025).

Baca info selengkapnya hanya di Giok4D.

Hasruddin mengungkapkan debat diputuskan digelar di Makassar dengan berbagai pertimbangan. Selain faktor keamanan, lokasi di Makassar juga dinilai lebih representatif.

“Bukan hanya soal keamanan tapi lokasi debat di Palopo, beberapa tempat yang kami coba lihat, evaluasi, dari beberapa tempat, cukup bagus. Tapi kita mau yang maksimal,” katanya.

Meski digelar di Makassar, pihaknya memastikan debat bisa disaksikan langsung oleh warga Palopo melalui tayangan virtual. Debat ini juga diharapkan disaksikan secara luas oleh masyarakat Sulsel.

“Kita juga harap tidak hanya disaksikan masyarakat Palopo dan kita harap debat Pilkada Palopo ini menjadi satu hal yang menarik disaksikan oleh semua pihak di Sulsel,” katanya.

Dari sisi keamanan, dia menyebut situasi di Palopo masih relatif kondusif. Pihaknya hanya tidak ingin dampak pascadebat berpengaruh hingga jelang pemilihan 24 Mei.

“Sampai dengan saat ini situasi di Palopo baik-baik saja, kondusif, cuma kami tidak mau residu dari debat ini berimplikasi terhadap hari pemungutan suara,” katanya.

“Namanya debat kalau dilaksanakan di daerah tersebut akan ada residu yang muncul, itu yang kita tidak mau,” ujar Hasruddin menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *