Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar melakukan proses pembilasan alias flushing terhadap jaringan distribusi utama, sekunder, tersier hingga ke rumah pelanggan. Langkah tersebut dilakukan demi mempercepat pemulihan kualitas air yang belum lama ini disoroti karena keruh.
“Flushing dilakukan agar sisa endapan di jaringan pipa bisa terbuang sehingga air yang sampai ke pelanggan kembali bersih dan tidak keruh atau berwarna hitam lagi,” ujar Kepala Bagian Distribusi dan Kehilangan Air, Rommy Arief Darianto kepada wartawan, Kamis (23/10/2025.
“Ini bagian dari penanganan cepat yang kami lakukan di lapangan,” sambung Rommy.
Menurutnya, kegiatan flushing tidak hanya bertujuan menghilangkan air keruh atau berwarna hitam, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas distribusi, memperlancar aliran, serta memastikan air yang diterima masyarakat tetap bersih. Proses ini dilakukan dengan cara mengalirkan air melalui pipa untuk mengeluarkan endapan pasir dan tanah yang menempel di dinding jaringan.
“Selain untuk meningkatkan kualitas air, flushing juga penting untuk memperlancar aliran dan menjaga agar air bersih sampai ke pelanggan dengan standar yang layak konsumsi,” sambungnya.
Dia berharap langkah cepat ini dapat mengatasi fenomena air keruh atau berwarna hitam yang sempat muncul di sejumlah rumah pelanggan beberapa waktu terakhir. Dia juga memastikan komitmen PDAM untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap mutu layanan air bersih di kota ini.
“Kami terus melakukan pemantauan lapangan agar proses distribusi berjalan normal kembali. PDAM Makassar berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan,” tegasnya.
Selain itu, ia juga memastikan kegiatan serupa akan terus dilakukan di sejumlah wilayah yang membutuhkan, sebagai bagian dari upaya menjaga kualitas air bersih di Kota Makassar.
Langkah cepat PDAM Makassar ini mendapat apresiasi dari pelanggan yang mulai merasakan perbaikan pada kualitas air setelah dilakukan flushing. Salah seorang pelanggan, Nur Aini, mengaku puas atas respon cepat PDAM Makassar dalam menangani keluhan masyarakat.
“Saya sangat berterima kasih kepada PDAM Makassar, karena dengan langkah cepat ini air yang kemarin keruh bisa kembali normal,” ujarnya.