Roadshow Kuliner Viral TSM Makassar, Ada 250+ Tenant dengan Sajian Autentik!

Posted on

Roadshow Kuliner Viral Indonesia hadir di Trans Studio Mall (TSM) Makassar pada 3-14 September 2025. Festival ini menyajikan lebih dari 250 tenant dengan 1.500 menu, mulai dari street food Thailand, kuliner viral kekinian, hingga sajian nusantara.

Festival ini bertajuk “Makassar Rasa Bangkok” dan menjadi kota ke-14 dalam rangkaian roadshow. Berbagai sajian kuliner Thailand seperti es longan, somtam, mango sticky rice, hingga kuliner mancanegara lainnya turut dihadirkan.

“Kita kumpulkan semua UMKM-UMKM viral, terus kita terbangkan mereka ke Bangkok untuk belajar tentang makanan-makanan di sana, terus bagaimana situasi kondisi di sana. Setelah itu kita coba keliling, kita mulai di Pekanbaru dan sampai sekarang di 15 kota ini,” ujar Operational Roadshow Kuliner Viral Indonesia Ahmad Rizqul saat diwawancarai di TSM, Selasa (9/9/2025).

Tema festival kuliner ini terinspirasi dari street food Thailand yang sedang viral. Meski begitu, festival ini menyajikan berbagai makanan dari mancanegara dan seluruh Indonesia, termasuk jajanan khas Makassar.

Rizqul mengatakan festival ini memilih TSM karena salah satu mal paling ramai di wilayah timur. Terbukti pada empat hari pertama ditambah akhir pekan, pengunjung membludak hingga menembus 6000-6500 orang.

Public Relations Executive TSM Makassar, Rizky Maulidiana Haris, menyampaikan bahwa antusiasme pengunjung sangat besar atas penyelenggaraan festival kuliner ini. Ia menilai festival ini menjadi momen istimewa untuk merasakan ragam sajian autentik.

“Makassar selalu dikenal sebagai kota kuliner. Kehadiran Roadshow Kuliner Viral Indonesia di TSM Makassar menjadi momen istimewa untuk masyarakat bisa merasakan langsung ragam sajian autentik,” ujar Rizky.

“Selain itu, acara ini juga menjadi wadah pemberdayaan UMKM agar semakin dikenal luas,” sambungnya.

Direktur Operasional PT Gita Sejahtera Maju, Dwi Nugraha Setiawan, mengungkapkan Roadshow Kuliner Viral Indonesia ini bukan sekadar wisata kuliner. Festival ini bertujuan membangkitkan UMKM dan membuka peluang kerja baru di setiap kota tujuan.

“Roadshow Kuliner Viral Indonesia ini tidak hanya menjadi ajang wisata kuliner, tetapi juga wadah untuk mengangkat UMKM lokal agar lebih dikenal. Kami ingin festival ini membawa manfaat nyata bagi UMKM sekaligus membuka peluang kerja baru di setiap kota penyelenggaraan,” ujar Direktur Operasional PT Gita Sejahtera Maju, Dwi Nugraha Setiawan.

Rizqul menjelaskan, setiap lokasi yang didatangi akan disediakan 10 sampai 15 tempat untuk UMKM lokalnya dan berpotensi ikut berkeliling ke kota selanjutnya. Hal ini mampu membangkitkan semangat UMKM lokal untuk berinovasi, memiliki harapan baru, dan berkembang.

“Tujuan kita itu ya, untuk menggerakkan UMKM-UMKM lokalnya, biar mereka-mereka yang merasa mentok, itu seakan-akan punya harapan baru lagi,” katanya.

“Yang penting bagaimana caranya biar UMKM-UMKM ini bisa berkembang gitu, kita coba kasih fasilitasnya, kita coba kasih wadahnya gitu,” imbuh Rizqul.

Setiap penyelenggaraan event mampu menyerap lebih dari 200 tenaga kerja, mulai dari kru tenant, kasir, hingga tim operasional. Kehadiran festival tidak hanya memanjakan pecinta kuliner, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja.

Hingga di kota ke-15 yang diselenggarakan di Malang, Roadshow Kuliner Viral Indonesia telah menghadirkan lebih dari 300 tenant kuliner dengan 1.500 menu unggulan bagi pecinta kuliner Tanah Air. Selanjutnya, festival ini akan digelar di berbagai kota lain seperti Palu, Manado, Lombok, Gorontalo, Kendari, serta kota-kota berikutnya.

Pemberdayaan UMKM Indonesia